Skip navigation

Kali ini saya ingin bercerita tentang stasiun kereta api di Hamburg, Jerman. Stasiun ini membuat saya takjub untuk yang pertama kalinya menginjakkan kaki di wilayah Eropa. Ini tempat yang saya datangi pertama kali. Selama dua hari pertama disana, saya dipandu untuk berkeliling kota di Hamburg. Sebenarnya sudah lama saya ingin memposting tulisan tentang pengalaman saya selama di Jerman. Tulisan itu sudah lama saya buat ketika di Jerman. Sayangnya, sesampainya di Indonesia, saya kehilangan file itu. #God:(. Dicari ke flashdisk dan Harddisk di setiap detail  foldernya tetap ga ketemu. #Tragic:( Oke, kalau begitu saya putuskan untuk menulis ulang, mencoba memutar kembali setiap pengalaman sambil melihat-lihat simpanan foto-foto dan mencoba menuangkan ke dalam tulisan. #Again.

Ok. Yang pertama kali terlintas ketika saya mengingat pengalaman disana adalah stasiun kereta apinya. Sebuah gaya fasilitas komersial yang muncul di dalam gedung stasiun. Stasiun utama disana disebut Hauftbanhoff. Saya bisa menggambarkan stasiun utama di Hamburg ini semacam shopping mall, karena beraneka toko berjajar didalamnya. Kios makanan, kebutuhan peralatan sehari-hari, bahkan toko souvenir ada disini. Ada beberapa kios makanan yang menyediakan para pengguna kereta sebuah tempat makan dengan gaya berdiri untuk menyantap makanan dengan cepat. Nampaknya gaya shopping mall di stasiun utama kereta api ini cocok dengan orang-orang di Jerman yang memiliki gaya hidup super aktif dan super cepat.

Keanekaragaman toko di dalam stasiun ini mentransformasi stasiun dari sebuah tempat yang biasa orang hanya lewati menjadi tempat mereka dapat menikmati belanja yang berkualitas serta melakukan kegiatan lainnya. Toko-toko ini berlokasi langsung di atas jalur kereta api. Ini dapat membantu mengurangi waktu berbelanja bagi para pengguna kereta yang sibuk. Wow, sebegitu efisiennya waktu disana.

Semua kereta mempunya jadwal yang tepat hingga hitungan menit. Bukan hanya kereta, ternyata bis kotanya pun seperti itu. Semua jadwal kereta maupun bis kota bisa kita download atapun lihat secara online di mobile phone. Bukan hanya jadwal, tapi alternatif kendaraan yang bisa digunakan untuk menuju tempat yang diinginkan pun tersedia. Kita bisa mengatur jadwal keberangkatan dan waktu tiba di lokasi pada jam dan menit yang diinginkan. Benar-benar deh, tidak ada lagi alasan untuk terlambat disana. Kalau kita terlambat, murni itu kesalahan pribadi, karena sistem disana sudah memfasilitasi agar semua orang bisa tepat waktu. Ga ada lagi alasan macet pak, kereta telat pak, bis ngetem pak, kecuali mungkin ketiduran, itu lain persoalan :D

Ada tiga jenis kendaraan umum. Bis kota (jangan dibandingkan dengan bis kota di Bandung atau Jakarta ya), kereta bawah tanah, dan kereta atas tanah. Suasana didalam kendaraan cenderung sepi. Kebanyakan orang duduk diam membaca buku atau paling tidak asik mendengarkan musik. Rata-rata telinga disana disangkutkan dengan earphone, jadi mereka cukup duduk atau berdiri diam, tenang, fokus dengan bunyi yang dikeluarkan earphone masing-masing. Oh ya, satu lagi. There’s no traffic jam. Kebanyakan orang disana menggunakan kendaraan umum. Mulai dari yang berpakaian biasa, blazer, jas, dengan tentengan koper kecil, tas gendong, atau tas jinjing semua menggunakan kendaraan umum. Wajar memang, karena kendaraan disana sudah sangat cukup nyaman dan dapat dipercaya keakuratan jadwalnya. Ga ada istilah “tua di jalan” disini. Sungguh sistem yang sangat membuat nyaman :)

Berikutnya adalah beberapa gambar yang sempat diabadikan :

Main station tampak depan. Jam menunjukkan pukul 20.35

Suasana di dalam main station. Jam menunjukkan pukul 20.15

Masih di dalam main station

Kereta bawah tanah

Suasana di dalam kereta bawah tanah

 

Jadwal kereta. Plang menunjukkan (atas-bawah) : nomor dan tujuan akhir kereta, skor bola Euro 2012 Spanyol : Italia 1 :1 #updatenya.. Selang-seling dengan nama pemberhentian stasiun selanjutnya, waktu tunggu kereta

Plang yang menunjukkan jadwal bus di halte. Urutan (colomn) : nomor bus, tujuan halte selanjutnya, waktu tunggu

Itu baru tentang stasiun kereta apinya dan sedikit tambahan tentang kendaraan umumnya. Insya Allah nanti dilanjutkan dengan cerita lainnya di #Destination Germany (2) :)

3 Comments

  1. keren banget teh stasiunnya… keren :’)

    • Smg Achyar juga bisa lihat sendiri langsung stasiun2 disana juga.. :)

      • mau dong teh liat foto2nya jugaa ;)


One Trackback/Pingback

  1. […] entry was posted on September 4, 2012, in for your info. Bookmark the permalink. Leave a comment Lebih Dari Sekedar Tempat Mengejar Kereta #Destination Germany (1). Share this:FacebookLinkedInTwitterTumblrEmailLike this:LikeBe the first to like […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: