Skip navigation

 

Sugoi.. one word for this anime..

Anime yang menceritakan tentang bentuk cinta dan kasih sayang antara kakak dan adik. Sang kakak ingin mengorbankan dirinya untuk kepentingan sang adik. Begitupun sebaliknya dengan sang adik.

Kisah ini bermula dari suatu desa di dalam keluarga Eldrick, seorang Alchemist. Alchemist adalah orang yang memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu tetapi tetap berdasarkan prinsip – prinsip science, dimana kamu bisa membuat sesuatu dari sesuatu yang bernilai sama. Yah, sama seperti hukum termodinamika pertama dimana dikatakan bahwa energi tidak bisa diciptakan atau dimusnakan begitu saja. Energi hanya dapat berubah wujud dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Hm.. Jadi, sebenarnya jika kita mau menyadari, tidak pernah ada sesuatu yang hilang begitu saja. Sang pencipta kita pasti sudah menyiapkan yang terbaik sebagai gantinya atas sesuatu yang kita merasa telah kehilangannya. Tak pernah ada sesuatu pun yang terjadi menimpa kita tanpa ada hikmah dan pesan dibaliknya. Kita hanya perlu menyadarinya.

You can only create something of certain mass from something with the same mass. It is the principles of equivalent trade.

Lanjut ke cerita. Keluarga Eldrick dikaruniai 2 orang anak, Edward dan Alphonso. Ayah mereka pergi meninggalkan mereka ketika kedua anak ini masih kecil untuk suatu alasan. Semenjak itu, sang Ibu menjadi tulang punggung dan merawat kedua anak ini hingga beranjak remaja. Kedua anak ini pun tertarik dengan alchemy, lalu banyak membaca buku – buku koleksi ayahnya. Tak disangka, ternyata mereka berbakat dan sudah mampu menggunakan alchemy di usia kanak – kanaknya.

Suatu ketika, ibu mereka terkena penyakit yang tidak bisa diobati sehingga akhirnya meninggal. Anak – anak ini sangat sedih karena sekarang mereka merasa menjadi yatim piatu. Kesedihan ini yang pada akhirnya memunculkan ide gila untuk menghidupkan kembali ibu mereka dengan memaksakan prinsip – prinsip alchemy berlaku. “Orang tidak bisa mendapatkan sesuatu tanpa pengorbanan. Kamu harus mengorbankan sesuatu yang bernilai sama untuk mendapatkan sesuatu. Itu adalah prinsip keseimbangan di dalam alchemy”, ini adalah sesuatu yang mereka percayai dengan kesadaran mereka sebagai anak – anak saat itu. Lalu, dilakukanlah eksperiment untuk menghidupkan kembali ibu mereka, dan disanalah awal mula dari musibah terjadi. Eksperiment itu gagal, sebagai gantinya Ed kehilangan lengan kanan dan kaki kirinya, sedangkan Al kehilangan seluruh tubuhnya tapi jiwanya masih bisa diselamatkan oleh Ed dan diikatkan pada sebuah patung zirah prajurit besi.

People are not able to gain something without sacrifices. You must present something equivalent value to gain something. That is the principle of equivalent trade in alchemy. It is something we believed when we were young (Ed & Al).

Disinilah awal mula dari perjalanan panjang kakak beradik itu. Mereka menelusuri berbagai belahan dunia, mencari banyak Alchemist lainnya untuk mencari tau cara mengembalikan keadaan mereka seperti semula. Ed sangat bersemangat melakukan perjalanan ini dan tidak peduli dirinya mendapat hinaan dan caci makian orang lain. Ed bertekad untuk melakukan apa saja demi dapat mengembalikan tubuh Al kembali, tidak masalah jika itu harus mengorbankan dirinya. Ed tidak tahan melihat jiwa adiknya terus menerus terikat pada baju zirah besi itu. Sedangkan Al, sangat sabar menemani kakaknya melakukan perjalanan ini. Al bertekad untuk mengupayakan apapun yang dia bisa guna mengembalikan tangan dan kaki kakaknya. Al tahu, banyak hal yang ingin kakaknya lakukan karena kepintarannya. Sama seperti Ed, Al pun rela mengorbankan dirinya demi kakaknya.

 

Hingga pada akhirnya, mereka sampai pada keadaan yang memaksa salah satu dari mereka harus mengorbankan dirinya demi satu lainnya. Keduanya tidak akan sanggup menahan bila dirinya adalah alasan untuk salah satu diantaranya berkorban. Lalu, siapakah yang pada akhirnya diselamatkan?

Persaudaraan yang indah antara kakak dan adik..

 

Sekarang giliran petikan opening songnya yang artinya cukup menyentuh mengingat alur ceritanya :

Opening I :

(Nihonggo)

Kimi no te de kirisaite tooi hi no kioku wo

Kanashimi no iki no ne wo tometekureyo

Saa ai ni kogareta mune wo tsuranuke

Asu ga kuruhazu no sora wo mite

Mayou bakarani no kokoro moteamashiteiru

Katawara no tori ga habataita

Dokoka hikari wo mitsukeraretanokana

Naa omae no se no ore mo nosete kurenaika

Soshite ichibang takai tokoro de okizari ni shite yasashisakara toozakate

 

(English Translatation)

Please rip apart the old memories with your hands

And stop sadness completely

Now pierce through my heart which is in love

I look up at the sky where tomorrow should arrive

Looks like I cannot use my heart well, for it is full of worries

A bird near me flew

I wonder if it was able to find light

Will you let me ride on your back?

Then leave me behind at the worlds highest place and keep me away from kindness

 

Opening II :

(Nihonggo)

Tooku tooku omoi hatenaku

Futari ga mujaki ni waratteta ano koro ni modorerunara

Konagona ni kudaketa

Garasu zaiku no youda

Omoite no kakeru wo atsumeteru

Daiji na mono wa itsudatte

Nakushitekara kizukuyo

Douka douka jikan wo tomete

Kimi no omokage wo kono mune ni kizandekure

Moshimo moshimo yurusarerunara

Subete wo yisei ni shitemo ii

Ano egao wo mou ichido

 

(English Translatation)

Far away, far away.. our unwavering feeling

If we could just return to that time when we used to laugh so innocently

I was broken into places

Just like a work of glass

I am gatehring the fragment of my memories

You only realize what is important

After you have lost it

Please.. please, stop time

Please carve your self into my heart

If by chance it’s not allowed

I wouldn’t mind sacrificing everything

To see your smile once again

Alchemy is a science where one understands the stucture of a matter, break it down and then rebuilts it. If used correctly, it can turn plain lead into gold. However, since it is science, the principles of nature still apply.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s