Skip navigation


Suatu keniscayaan bahwa dalam setiap pertemuan, pasti ada perpisahan. Tetapi perasaan akan perpisahan mengapa selalu memberikan rasa yang sama. Kesedihan bercampur kebahagiaan tentunya.

2 hari yang lalu mendapat kabar bahwa salah seorang sahabat akan berpindah kota domisili. Sebenarnya tidak pindah secara permanen. Hanya saja mendapat panggilan kerja disana. Sedih dan gembira yang dirasa. Gembira karena Allah telah memberikannya jawaban atas ikhtiar yang insya Allah terbaik.. Sedih karena harus berpisah.. Semakin sulit untuk bertemu.. Walaupun sebenarnya pertemuan selama ini pun tidak cukup sering setelah lepas dari dunia kampus, tetapi dengan mengetahui bahwa ia berada dalam satu kota yang sama, mampu membuat hati ini cukup tenang.. Kini, atau esok tepatnya, saudariku itu akan berpindah dari kota ini.. Hanya doa dan senyuman yang bisa kuberikan padanya.. Doa agar ia senantiasa dilindungi dan diberikan penjagaan langsung oleh Allah swt… Senyuman kebahagiaan pun pasti akan terukir, karena secara perlahan namun pasti, perpisahan adalah suatu keniscayaan. Sahabat – sahabat yang lain pun, dan aku pun suatu saat nanti, pasti akan pergi satu per satu.. pergi demi meraih mimpi dan cita – cita..

Semoga tunai cita – cita, sahabatku…

Untuk semua sahabatku.., saudaraku.., saudariku.., yang perlahan namun pasti suatu saat kita kan berpisah jua.. Semoga Allah, Rabbi bersertamu selalu..

Syukur pada yang Esa, atas Rahmat pemberian-Nya

Persaudaraan, Jalinan kasih sayang
Di bawah rahmat yang esa, kita melangkah beriringan

Satu perjuangan..

( 8:63 ) Dan Dia (Allah) lah yang mempersatukan hati mereka (orang yang beriman). Walaupun kamu menginfakkan semua (kekayaan) yang berada di bumi, nescaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, tetapi Allahlah yang telah mempersatukan hati mereka. Sungguh Maha perkasa lagi Maha Bijaksana…

Selamat jalan sahabatku.. Selamat berkarya.. Bersemangatlah selalu.. Teriring doa robithoh kami melepaskanmu.. Semoga hati disana dapat menjadi tenang dlm meniti jerih kehidupan di bumi tatkala terkenang ukhuwah yg penah terjalin di bumi ini suatu ketika dulu.., kenangan akan nilai sebuah ukhuwah yang telah terbangun dalam fondasi kecintaan kepada-Nya.. Semakin sukar menjalin ukhuwah, semakin besar pengorbanan dan jerih perih yang diperlukan, maka semakin manislah kenikmatan itu akan dirasai.. Insya Allah..

Sesungguhnya Engkau tahu
bahwa hati ini telah berpadu
berhimpun dalam naungan cintaMu
bertemu dalam ketaatan
bersatu dalam perjuangan
menegakkan syariat dalam kehidupan

Kuatkanlah ikatannya
kekalkanlah cintanya
tunjukilah jalan-jalannya
terangilah dengan cahayamu
yang tiada pernah padam

Ya Rabbi bimbinglah kami

Lapangkanlah dada kami dengan karunia iman
dan indahnya tawakal padaMu
hidupkan dengan ma’rifatMu
matikan dalam syahid di jalan Mu
Engkaulah pelindung dan pembela

Abu Hurairah r.a. berkata ; bersabda Nabi s.a.w. ; “Ada seorang lelaki menziarahi temannya di sebuah kampung yang lain, maka Allah mengutuskan seorang Malaikat (dengan berupa manusia) menahanya di tengah jalan dan ketika bertemu, Malaikat itu bertanya ; Engkau hendak ke mana? Jawabnya ; Aku hendak bertemu saudaraku di kampung ini. Maka ditanya ; Adakah dia ada berbudi kepadamu hingga kamu terhutang budi padanya? Jawabnya ; Tidak, (tiada sebab lain) melainkan sesungguhnya aku mengasihinya semata-mata kerana Allah. Berkata Malaikat itu ; Maka sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, (untuk menyampaikan) bahwa Allah sesungguhnya mengasihimu sebagaimana kamu kasih kepada saudaramu keranaNya (Allah)” –  HR Imam Muslim .

(d.arizona., Bdg., 29日11月 2010)

3 Comments

  1. hhhmmmm,,,,
    ,,semoga tidak mengeluarkan air mata Jon… coz, separation is a necessity… hehehehe…

  2. hmm.. semoga..
    separation is a necessity, right..
    for the better future.. Semoga sukses selalu Oleh.. ^__^

  3. amin…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s