Skip navigation

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman terkait dengan pembuatan Visa Schengen. Berdasarkan pengalaman, ternyata tidak mudah mendapatkan informasi yang cukup akurat untuk membantu mencari tau tentang proses pembuatan Visa Schengen.

Silahkan simak cuplikan pengalaman berikut, semoga bisa membantu siapapun yang membutuhkan informasi ini:)

Pada tulisan ini, saya akan fokus pada pengalaman saya membuat Visa Schengen ke Jerman. Bisa jadi ada beberapa point yang berbeda untuk mengurus Visa Schengen ke negara Schengen area lainnya (cek ke website resmi kedutaan besar negara tujuan masing-masing),  tapi dibawah ini saya akan menuliskan beberapa hal yang tidak tertulis secara detail, namun didapatkan dari pengalaman langsung di lapangan (khusus Jerman). Semoga informasi dibawah ini bisa menjadi gambaran untuk membantu apa saja yang harus dipersiapkan dalam mengurus Visa Schengen.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembuatan Visa Schengen ke Jerman adalah sebagai berikut :

1. Make Sure You’ve Already Had an Appointment.

Pastikan Sudah Membuat Janji. Jangan sepelekan urusan membuat janji ini, karena tanpa adanya janji, bisa dipastikan anda pasti tidak akan bisa masuk ke kedutaan besar Jerman untuk mengurus Visa. Untuk yang berdomisili di Jakarta si mungkin tidak masalah, tinggal balik lagi, tapi untuk yang jauh dari Jakarta, bisa tekor ongkos hanya karena hal ini. Mungkin juga ada beberapa blog yang menceritakan pengalaman bahwa tidak perlu membuat janji ke kedutaan, cukup datang sangat pagi saja agar kebagian jatah antrian. Itu tidak salah, karena memang aturan membuat appointment ini mulai diberlakukan oleh kedutaan besar Jerman pada bulan Juli 2011. Oleh karena itu, mulai agendakan, kira-kira tanggal berapa anda akan siap untuk mengurus Visa. Visa harus sudah diurus maksimal 15 hari sebelum tanggal keberangkatan. Ada baiknya, sediakan waktu yang cukup longgar untuk mengurus Visa, karena ada kekhawatiran, jika Visa kita di-reject atau ada dokument yang kurang, jadi kita masih punya waktu luang kalaupun harus bolak-balik untuk melengkapi kekurangan tersebut.

Satu lagi, untuk membuat janji, usahakan sudah buat janji sjauh-jauh hari sebelum rencana datang ke kedutaan. Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang mau mengurus Visa Schengen jadi tanggal untuk membuat janji biasanya sudah penuh di-booking orang. Kita cari aman saja:). Untuk catatan, pada tanggal 2 Mei 2012 saya hunting tanggal yang kosong untuk membuat janji, ternyata tanggal yang masih kosong baru ada mulai tanggal 21 Mei 2012. Padat sekali jadwalnya, bisa jadi juga karena bulan mei, juni, juli ini lagi summer di eropa, jadi banyak orang yang berencana tuk liburan disana. Ya, atur-atur dan rencanakan dengan baik saja urusan make appointment ini. :)

Here is the way how to make an appointment to apply Visa Schengen Germany:

Go to www.jakarta.diplo.de > Masuk situs > Lihat Kolom sebelah kanan Agak Bawah > Tuju Kolom Informasi dari Bagian Visa dalam hal penerbitan Visa Schengen, Pilih > Book your appointment here.

Pilih > Short term visa (atau sesuai kebutuhan) > continue > Visa for visit (atau sesuai kebutuhan) > continue > continue > View Month > Pilih waktu yang kosong tuk buat janji. > Cek email for confirmation > Print Out Email dan Bawa Print Outnya di Hari H.

Catatan : Datang ke kedutaan sebelum jam appointment, tidak jadi masalah. Malah lebih baik, karena kita jadi punya kesempatan untuk memperbaiki dokument jika ternyata ada yang salah atau kurang.

2. Lengkapi Semua Persyaratan Yang Dibutuhkan

Persyaratan yang dibutuhkan, baik untuk apply Visa Schengen for visit, stay for 3 months, or even stay longer than that, semua bisa dilihat di website resmi kedutaan Jerman di www.jakarta.diplo.de

Berikut summary persyaratan beserta informasi-informasi tambahannya :

-   Formulir permohonan yang sudah diisi lengkap.

(Formulir bisa didownload di website kedutaan. Pastikan sudah diisi lengkap saat datang untuk mengurus Visa, karena akan dicek sama Security di depan pintu masuk kedutaan).

-   Paspor yang masih berlaku minimal 3 bulan setelah masa berlaku Visa habis.

-   Pasfoto terbaru, berwarna, latar belakang putih (3,5 x 4,5 cm, wajah 80%, wajah tidak miring/ biometris).

-   Booking tiket penerbangan.

(Tiket penerbangan dalam bentuk booking belum dibayar tidak masalah. Caranya, cukup datang ke travel agent, booking tanggal keberangkatan sama tanggal pulang, minta di printkan, terus dibawa deh ke kedutaan. No cost at all. Pihak kedutaan juga tidak menyarankan tiket untuk sudah dibayar sebelum Visa keluar, karena ada kekhawatiran Visa di-reject atau ada problem, jadi Visa tidak bisa keluar sebelum tanggal keberangkatan. Kan sayang tuh, sekian persen uang kita akan hangus karena pada akhirnya kita harus melakukan cancelation tiket. Visa belum keluar, Ga bisa berangkat).

-   Buku tabungan/ rekening koran 3 bulan terakhir.

(Pastiin buku tabungan dicetak untuk transaksi selama 3 bulan terakhir. Siapin juga fotocopynya).

-   Surat pernyataan penjaminan.

(Dibuat oleh pengundang untuk perjalanan kunjungan atau perjalanan bisnis oleh perusahaan atau organisasi pengundang).

-   Surat keterangan asli dari pemberi kerja di Indonesia.

(Surat keterangan kerja atau kalau mahasiswa buat surat keterangan Mahasiswa dan juga sertakan fotocopy KTM).

-   Bukti reservasi hotel.

  1. Jika anda ke Jerman dalam rangka undangan resmi organisasi, perusahaan, minta nama CP jelas, alamat e-mail, nomor telefon, pokoknya semua yang diperluin untuk mengisi kolom formulir No. 31-32.
  2. Jika selama anda di Jerman anda tinggal di hotel, maka anda perlu bukti reservasi hotel selama anda extend di Jerman di luar hari undangan. Keterangan ini juga ditambahkan di kolom formulir No. 32-32. Bukti reservasi tanpa adanya down payment dengan pihak hotel biasanya tidak diterima, akan lebih kuat dan meyakinkan jika bukti reservasi hotel disertai dengan pembayaran DP dengan pihak hotel karena dianggap lebih serius. Harus dengan pihak hotel langsung. Pembayaran yang difasilitasi oleh Hostelworld.com ditolak.
  3. Jika selama anda di Jerman anda berencana menginap di tempat teman, ada 2 hal yang perlu diperhatikan:
  • Jika teman anda menanggung semua, dia harus membuat undangan resmi (Verpflichtungserklärung) di imigrasi tempat dia tinggal.
  • Jika anda membiayai diri sendiri, Anda cukup meminta undangan tidak resmi dari dia yang ditujukan ke kedutaan Jerman. Dalam undangan dinyatakan bahwa dia mengundang Anda dan Anda akan tinggal di rumahnya selama Anda di Jerman. Dalam bahasa Inggris. Yang menandatangani surat tersebut adalah pengundang. Lampirkan juga fotokopi paspor pengundang, visa pengundang, dan bukti izin tinggal pengundang di jerman.

3. Travel Insurance

Ini hal yang ga boleh dilupakan dalam berkas persyaratan Visa. Travel Insurance harus mencakup seluruh hari sejak anda berangkat dari Indonesia, stay di Jerman, sampai menginjakkan kaki kembali di Indonesia. Bagi yang ke Jerman dengan adanya undangan dari sana, biasanya sudah ada insurance dari pihak pengundang, jadi gak perlu ngurus insurance lagi. Tapi bagi yang berniat untuk extend disana, hari-hari selama extend harus diurus tuh asuransinya.

Kita langsung study in case aja ya, biar lebih mudah dipahami:)

Saya dapat undangan ke Jerman untuk tanggal 15-24 Juni 2012. Selama hari-hari tersebut, asuransi saya ditanggung oleh pihak pengundang. Tapi, saya berniat untuk extend disana dan berangkat lebih awal dari tanggal undangan. Saya rencana akan berangkat tanggal 10 Juni dari Jakarta dan kembali ke Indonesia tanggal 26 Juni dari Jerman, kemudian sampai di Jakarta tanggal 27 Juni 2012. Dengan demikian, perhitungan asuransinya adalah sebagai berikut :

June :       10-14           15-24           25-27

                   (5 hari)        (Free)         (3 hari)

Jadi, saya harus membuat dua polis asuransi (5 hari dan 3 hari). Ada total 8 hari tambahan yang harus diasuransikan sendiri.

Sebagai gambaran harga asuransi, saya coba ambil dari company PT Chartis Insurance Indonesia.

Stay 1-4 hari = 13 USD; 5-6 hari = 23 USD; 7-8 hari = 33 USD; 9-10 hari = 40 USD, dst. Pokonya, makin lama stay di luar negeri, makin mahal asuransinya pastinya.

Satu lagi, perlu diperhatikan,  tempat mengurus Travel Insurance tidak bisa di sembarang tempat loh. Berikut tempat-tempat yang diakui bona fide oleh Kedutaan besar Jerman, langsung difoto dari papan pengumuman depan Kedubes, biar lebih otentik :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ps. bawa serta juga fotocopy polis asuransinya.

4.  Yang Penting Di Kolom-Kolom Formulir

Semua kolom di formulir ini harus diisi dengan lengkap sesuai perintah disana. Saya akan coba berbagi tentang beberapa kolom isian di formulir.

  1. Kolom Nama, Harus Sesuai dengan Passport. Jangan Sampai Lengah. :D
  2. Kolom 29. Rencana kedatangan dan keberangkatan dari Negara Schengen.
  • (Ini akan dicek oleh petugas korelasinya dengan Asuransi yang kita punya. Udah dirangkum di atas, nomor.3). Visa nanti dikeluarkan persis sama dengan tanggal ini. Tidak ada waktu tambahan. Kalau mengajukan 15 – 26 Juni 2012, nanti izin kita disana pun hanya selama tanggal tersebut).

3. kolom 31.

- Lihat lagi nomor.2 diatas>bukti reservasi hotel.

- Kalau tempat tinggal lebih dari satu tempat, boleh kok pake nomor di formulirnya.

Jadi, 1. Dimana…………….    Tanggal … – … ; 2. Dimana……………….. Tanggal berapa … – …

4. Kolom 32.

- Isi bagi yang mempunya undangan resmi dari organisasi dan perusahaan di Jerman.

5. Kolom 33.

- Oleh siapa biaya perjalanan anda ditanggung:

keluarga di Jerman/ Pribadi/ Organisasi/ Perusahaan/ Pribadi dan Organisasi, dll.

Lalu, checklist kolom di bawahnya sesui keperluan anda.

5. Biaya

Biaya pembuatan Visa nya sebesar 60 euro atau Rp 720.000. Ada baiknya anda membawa uang pas kesana, karena khawatir tidak ada kembalian. Repot kan kalau nanti malah disuruh cari uang tukeran;).

6. Lama Pembuatan Visa

Lama pembuatan Visa Schengen ke Jerman kini sudah menjadi tiga hari kerja. Pengalaman saya, datang ke kedutaan mengurus Visa tanggal 22 Mei, selesai tanggal 24 Mei 2012 jam13.00. Untuk pengambilan Visa, boleh diwakilkan oleh orang lain, tapi sertai dengan fotocopy KTP pembuat Visa dan Surat Kuasa dari pembuat Visa. Untuk pengurusan Visanya tapi tidak boleh diwakilkan.

Begitulah sekilas mengenai persoalan urus-mengurus Visa, yang ternyata tidak mudah, tapi juga tidak sulit, tidak cepat, tapi juga tidak lama. Pastinya butuh persiapan dan ketelitian, supaya kita gak mesti bolak-balik ke kedutaan. Baca dan pahami tata cara pengajuan Visa di website resmi kedutaan negara tujuan, jangan ragu untuk correspondensi dengan email resmi kedutaaan jika ada hal yang benar-benar tidak dipahami, dan juga lakukan surving blog. Ini juga penting loh, karena kamu bisa dapat informasi dan gambaran tentang situasi dan hal-hal yang mungkin saja tidak tertulis detail di website resmi kedutaan. Kita bisa berhemat waktu dan tenaga dengan belajar dari pengalaman orang lain, kan:). Akhir kata, semoga informasinya bermanfaat untuk yang mampir kemari. Semoga sukses:).

26.05.12

Berdasarkan pengalaman membuat Visa Schengen ke Jerman tertanggal 22 – 24 Mei 2012.

32 Comments

  1. infonya keren detail banget..sangat membantu untuk yang baru mau ngurus visa,…bulan sept rencananya teman di jerman mengundang saya untuk berlibur disana.akomodasi dll dia yang nanggung….kira2 saya musti tetep bawa rekening koran 3 bln terakhir nggak ya?…trus wawancaranya pake bahasa apa?…..tks sebelumnya ya

    • semoga bisa membantu ya.. :)
      soal rekening, harus tetep bawa fotocopy buku tabungan atau rekening koran 3 bulan terakhir, cuma krn akomodasi dll teman disana yg nanggung, jadi ttg saldo minimal di rekening tabungan sepertinya tdk jadi persoalan.

      wawancaranya bahasa Indonesia kok untuk visa visit (kunjungan, liburan, undangan bisnis)..

      smg sukses ya ngurus visanya.. :)

  2. keren.. cuma saya mau tanya-tanya nih.. saya rencana mau ke jerman bulan september. saya mau tanya dokumen apalagi yang mesti saya lampirkan selain form visa yang udah diisi, passport masa berlaku 6 bulan, surat keterangah kerja, dokumen Verpflichtungklarung ( dari pacar saya) , asuransi perjalanan, photo biometris? Terus saya mau tanya nomor 21. Tujuan perjalanan, bolehkah saya memilih lebih dari satu jawaban? pertanyaan saya yang terakhir pada saat membuat appointment untuk menyerahkan dokumen serta wawancara, di sini kita diberikan 3 pilihan. visa for bisnis, visa for visit dan visa for turis… pada posisi saya yang mendapat dokumen resmi dari sana, visa yang mana mesti saya pilih? thanks

    • visa for visit aja, tujuan perjalan boleh kok check list dari satu, saya minum dua, iklan yakult, hehe, intermezo. Saya pilih dua, satu kunjungan keluarga, satu undangan resmi:) Hati2 ya saat buat appointment, nomor passpor dan nama jgn sampe salah, klo ga sama ga bisa masuk.
      Dokument nya kurang booking tiket penerbangan. Sama siapin fotocopy buku tbungan pribadi buat jaga2, walaupun klo undangannya udah Verflichtungklarung, nominal saldo kemungkinan ga masalah, tp tetep prepare aja tuk jaga2.

      sukses ya bikin visanya:)

      • hi Dwi dan Dewi , kebetulan saya juga ada rencana September selama 3 bln kesana dgn undangan verpflichtungserklärung dari pacar saya. trs saya masih bingung apakah saya jg harus membuat asuransi untuk tiga bulan selama disana atau asuransi perjalanan selama 3 bln juga? dan untuk rekening koran apakah juga harus dicantumkan? terimakasih infonya sgt membantu

  3. thank you so much for the reply, ya :-)! saya mau tanya lagi ini mengenai surat keterangan kerja, mesti pake bahasa inggris? saya punya contoh recommendation letter hehehe down load dari internet :-D, pada salah satu pargrafnya tertulis: the trip will be purnishing by…. (ni saya sendiri atau merujuk ke surat Verpflichtungklarung…. mohon explainationnya, mbak :-).. trims

    • with pleasure:)
      surat keterangan kerja klo ada versi b.inggris lebih bagus, sy pake b.indonesia kein problemo..

      Klo mbak pakenya surat undangan Verpflichtungklarung berarti semua fee trip mbak pengundang di Verpflichtungklarung yg nanggung.. merujuk ke surat undngan mbak.. :)

  4. Alhamdullillah, mbak.. Ternyata mesti passport saya polos tapi Visa saya keluar.. Saya dikasih visa mult entry lagi terus dikasih extra waktu juga… Terima kasih banyak buat infonya, mbak..

  5. alhamdullilah mbak, tanggal 22 juni kemarin visa saya keluar…. thank you very much for your information….

    • alhamdulillah… selamat berangkat ke Jerman n have a nice trip.. :)

  6. ne infonya bagus bgt :)
    salam kenal, saya micha, rencanya saya akan berkunjung mengunjungi pacar saya di bulan oktober selama 7 minggu, semua yg saya butuhkan dia tanggung dan dia sudah buat Verpflichtungserklärung di imigrasi tempat dia tinggal.
    pertanyaannya saya ialah:
    1.saya berencana akan keluar dari tempat saya bekerja karena boss saya tidak memberi ijin selama 7 minggu, Apakah saya akan mengalami kesulitan jika saya buat visa tanpa status karyawan?
    2.pada saat pengajuan visa aakah saya harus beli insurance langsung?
    thx before :)

    • Salam kenal juga mbak Micha :)
      1. saya rasa si ga masalah, mbak bisa menjelaskan nanti di petugas loket setempat. Klo bisa lampirkan surat keterangan pernah kerjanya, terus jelasin deh kondisinya.
      2. Iya, mbak harus urus dulu insurance yg mencover sejumlah hari mbak disana. Nanti petugas akan minta fotocopian lembar polisnya. Kantor tempat mengurus, terlampir di gambar di atas.

  7. halo mba..mau tanya..sy sudah beli travel insurance, tp ACA dan sepertinya tidak ada di list yang mba foto..kira2 boleh ga ya mba? saya appointment nya bsk pula..jadi parno sendiri.. terimakasih banyak

    • ACA Asuransi masuk list kok.. itu emang gambarnya blur ya, tapi masuk list kok.. :) sukses ya buat besok, dateng pagi aja :)

  8. mba dwi…lam kenal.
    aku ada rencana business trip ke german tanggal 1-9 september besok…trs untuk pergi kesana harus janjian lewat web dulu kan ya? nah…krn ga tau aku baru buka web hari ini…ehh…untuk booking dpt free nya tanggal 29, padahal harus pergi tgl 1 nya..mepettt bgt ya mba? kira2 bisa proses selesai tanggal 1 ga ya mba? hix hix…

    • lumayan mepet si mbak, tapi smoga bisa kekejar.. tgl 29 buat, selesai tanggal 31 (3 hari kerja). Sekalian jelasin aja nanti ke petugas loketnya. Persyaratan usahakan udah lengkap dan bener semua mbak.. Smg lancar n sukses :)

  9. visa qu ditolak :( katanya khawatir aku ga balik lagi
    aku mau tanya kl mau apply lagi mesti nunggu brpa lama ya? bisakah seminggu atau dua minggu setelah penolakan?
    thx for infonya

    • bisa secepatnya apply lagi, tergantung dapat appointmentnya..
      segera buat appointment lagi saja..

        • Tia
        • Posted September 7, 2012 at 11:04 pm
        • Permalink

        Kalo menurut saya,buat remonstration yg bisa membuktikan kalau memang bakal balik lagi..saya juga kemarin ditolak/ dapat refusal..kl apply lg buat appointment,bakalan ditolak lagi..karena perlu remonstrasi..

  10. saya mau mengajukan tourist visa.
    rencana perjalanannya sih gini mba, saya mau berkunjung ke jerman tanggal 1 november dan stay 3 bulan disana.
    untuk surat undangan saya pakai Verpflichtungserklärung , sponsor dari ibu saya.
    ibu saya saat ini tinggal di jerman dan akan menikah nanti tanggal 21 september 2012, nah tujuan saya datang kesana untuk menghadiri pesta pernikahannya nanti pada saat saya datang.
    saat ini saya baru saja lulus kuliah, tapi belum di wisuda m wisudanya nanti tanggal 24 oktober 2012.
    nah yang mau saya pertanyakan , tadi kan syaratnya tertera bahwa bawa surat rekomendasi dari kantor, sedangkan saya mahasiswa yang baru lulus tapi belum di wisuda.
    untuk minta surat keternangan masih mahasiswa sepertinya juga tidak bisa kan? karena saya udah lulus. atau tetep bisa diakalin ga tuh??? gimana caranya?
    trus masalah untuk asuransi berarti saya ga harus bayar lagi kan yah? soalnya kan pake surat Verpflichtungserklärung , itu udah otomatis termsuk ausransi 3 bulan selama saya disana kan yah???
    saya menghindari terjadinya penolkan. tolong banget pencerahannya . saya butuh jalan keluar, dari kemaren mau apply visa tapi takut ditolak.
    masih bingung, trus untuk surat Verpflichtungserklärung ga masalah kan yah kalo yang mengeluarkan surat itu ada;ah ayah tiri saya (penduduk jerman) ???
    saya harus bagaimana agar visa saya bisa lolos???
    untuk stay 3 bulan sebagai mahasiswa yang baru lulus.

      • dwiryaniarizona
      • Posted September 25, 2012 at 7:15 pm
      • Permalink
      • Reply

      wah kalau sudah ada undangan resmi/ Verpflichtungserklärung kemungkinan prosesnya udah akan lancar2 aja tuh.. :)
      Buat surat keterangan lulus aja, nanti bisa didialogkan dan dijelaskan kondisinya dgn petugas loket Visa (baek kok :) )
      Semoga lancar ya.. cepet2 buat appointment date aja dari sekarang..

  11. Halo mba,

    Aku mau tana, rencanany nih aku mau ke belanda karena dpt promo kesana. Bisa ga ya kalo visanya pake dr negara schengen lain kaya Perancis, Jerman, Spain? Karena aku blm dpt jadwal interview sm ambassade belanda sampai skrg. Thank you.

      • dwiryaniarizona
      • Posted September 25, 2012 at 7:10 pm
      • Permalink
      • Reply

      halo mbak Nesya :)
      Pada dasarnya dgn Visa Schengen kita udah bisa keluar masuk diantara sesama negara Schengen lainnya.
      Akan lebih mudah kalau mbak mengajukannya Visa Schengen Belanda, karena dokument pendukung mbak kan promo ke Belanda.
      Cuma kalau mbak mau mengajukan ke negara Schengen lain spt Prancis, Jerman, dll, bisa aja. Tinggal lengkapi persyaratan2 pengajuan visanya dgn tujuannya berarti visit atau having a trip kali ya.. Gitu mbak, semoga membantu ya.. sukses! :)

  12. halo mbak salam kenal, saya ivy. saya berniat mengunjungi suami saya di jerman pada november ini selama kurang lebih 2 bulan. saya ingin tanya menurut anda, jika biaya selama perjalanan ditanggung oleh pihak lain (keluarga) gimana? dokumen apa saja yg harus saya sertakan? saya tetap menyertakan rekening koran saya? saya baru menyelesaikan studi saya di sini jadi belum bekerja. menurut mbak jadi masalah ga? thanks.

      • dwiryaniarizona
      • Posted September 25, 2012 at 7:05 pm
      • Permalink
      • Reply

      Walaupun biaya selama perjalanan mbak ditanggung oleh pihak lain, tetap harus ada fotocopy buku tabungan 3 bulan terakhir mbak, krn itu merupakan persyaratan.
      Dan juga Mbak harus minta dibuatkan surat undangan resmi/ Verpflichtungserklärung yang bisa diurus di Jerman oleh suami mbak (kalau suami mbak yang menanggung biaya mbak). Surat ini jd bukti kalau biaya perjalanan mbak akan ditanggung oleh suami mbak.

      Ga jadi masalah mbak kalau belum bekerja. Siapkan aja fotocopy surat nikah, buat jaga2 siapa tau diminta buat bukti klo mbak akan tinggal dgn suami mbak disana :)

  13. Mbak, aku mau nanya nih. Ada rencana ke German untuk oktober kira-kira 2minggu.
    Semua ditanggung oleh keluarga temenku :)
    Jadi apa aku msh perlu buku tabungan? Karna statusku masih pelajar SMA. Thanks!

      • dwiryaniarizona
      • Posted September 25, 2012 at 6:59 pm
      • Permalink
      • Reply

      masih perlu krn itu merupakan persyaratan, tp nominal sepertinya jadi tidak masalah krn semua biaya mbak ditanggung kan.. btw jangan lupa, berarti mbak harus udah punya surat undangan resmi/ Verpflichtungserklärung ya pas ngajuin Visa.. Smg lancar.. :)

  14. wow… ini salah satu blog yg cukup komplit dan sistematis menjelaskan tata cara mengajukan visa.
    Sori, mau tanya. Saya rencana mau ke Jerman (Dresden dan Berlin) untuk tes masuk Hochschule.Kl saya mau ke Jerman dalam rangka Eignungsprufungtest (tes aptitude untuk masuk universitas/konservatorium), kira-kira visa apa yang harus saya aply. terus apakah saya hrs minta undangan dari uni tetang Eignungsprufungstest tsb dan saya bawa ke kedutaan? saya pernah dengar soal aplicant visa dr daad, tapi saya kurang yakin apakah itu yg saya butuhkan.

    Sekedar info, khusus untuk konservatorium/universitas musik dan art, tes masuk untuk bachelor atau s1 itu memang harus datang dan tes kemampuan di sana, jadi tidak bisa hanya daftar online/tes online. saya jg sudah tanya pihak AAA uni dan memang saya tidak bisa merekam dalam bentuk CD dan sejenisnya. Mereka mengatakan wajib datang langsung tes teori dan praktek (ribet ya hehehe).

      • dwiryaniarizona
      • Posted September 25, 2012 at 6:55 pm
      • Permalink
      • Reply

      Hai chris, wah luar biasa ya harus sampai tes langsung disana..
      Btw, untuk pengajuan visa, bila stay kurang dari bulan, ajuinnya visa for visit aja. Terus tetep hrus pakai surat undangan.. minta aja ke univ. bersangkutan, bilang untuk keperluan pengajuan Visa. Hal ini sbg bukti ke kedutaan klo kita kesana bener2 dgn tujuan yg jelas. Dulu saya juga dibuatkan invitation letter oleh Univ. yang saya kunjungi di Jerman. Biasanya kalau sudah ada invitation resmi dr Univ spt ini, proses pembuatan Visa kita ga akan ribet kok, apalagi ini mau berencana sekolah disana :)

      Anyway, semoga sukses Visanya dan juga entrance examnya ya.. Univ. music dan art, cool! :)

    • isnaini prilawati
    • Posted October 3, 2012 at 11:59 pm
    • Permalink
    • Reply

    Wah mbak makasih banyak infonya..really helpfull..:) saya cari2 soal travel insurance..ada di sini rupanya..big thanx yah

  15. ini dwiryaniarizona tmen gue dulu sekolah bukan yee?ga asing bgt sama namanya..lupa2 inget tapi kyknya wktu SMP deh, sorry sebelumnya kenal sama fitra pardi ga?tapi sorry ya klau salah..

  16. TOP MARKOTOP, SEMOGA MBAK DIBERI KELANCARAN DALAM HIDUP.. AMIINN DANKE!!


Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 25 other followers